Rincian Product

Judul : Istana Para Kuli
Penulis : Yahya Umar
No ISBN : 978602195364
Kategori :
Cover : Art Cartoon
Isi : 230 Halaman
Ukuran : UB-04 (13.50 x 20.50)
Berat : 300 gr
Harga : Rp 52.000,00
Diskon : 15 %
Harga Netto : Rp 44.200,00

Istana Para Kuli

Desa Muara Adalah salah satu desa pesisir di Kabupaten Bangkalan, Madura . Disinilah Yahya, dilahirkan dan di besarkan dalam keluarga nelayan yang sederhana. Sebagain besar penduduk Desa Muara adalah nelayan. Sebagian lagi bekerja sebagai petani atau perantau ke Surabaya sebagai pedagang ikan, tukang becak dan kuli di penyebarangan Ujung kamal. Ya, dulu Desa Muara adalah desa yang tergolong terpencil  dan miskin. Namun sejak tahun 1980-an segalanya berubah.

Kak Ene, kakak sepupu Yahya, sosok yang ada dibalik perubahan itu. Kak Ene memutuskan untuk merantau ke Malaysia sebagai TKI . Walaupun di Malaysia ia ternyata mampu memperbaiki kesejahteraan hidup keluarganya di Desa Muara. Ia pertama yang dibangun di Desa Muara. Tak ayal lagi, banyak  warga muara yang kemudian tertarik menjadi TKI di Malaysia.

Rumah-rumah yang semula semi permanen, telah berganti menjadi “Istana”.  Sayangnya, generasi mudanya mulai mengalami degenerasi. Denyut nadi keislaman di Desa Muara melemah. Langgar yang semula ramai dengan kegiatan mengaji dan ibadah lainnya, kini mulai sepi . Kesenian hadrah yang menjadi kebanggaan Desa Muara juga ikut mati. Perahu-perahu milik warga juga lenyap berpindah tangan ke pemilik baru demi biaya menjadi TKI di Malaysai.

Hanya Yahya, beserta ibu dan segelintir keluarganya yang memilih untuk tidak ikut tenggelam dalam “arus” tersebut. Bagi mereka pendidikan itu sangat penting. Pendidikan lah yang membuat hidup seseorang lebih berarti.

Sanggupkah Yahya bertahan untuk tidak tergerus “arus” menjadi TKI di Malaysia ? Mengapa kemudian warga Desa Muara sangat mengagumi dan bangga sekali dengan sosok Yahya? Padahal sebelumnya mereka nyaris memandangnya sebelah mata. Akankah nilai-nilai luhur dan religius kembali hidup di Desa Muara?

Sebuah novel tentang perjuangan, keteguhan, kesabaran dan integritas. Selamat terinspirasi

 


FACEBOOK

TWITTER