Kegemilangan Angkatan Laut Islam

Kegemilangan Angkatan Laut Islam

Sejarah kegemilangan jihad kaum Muslimin tak hanya tertorehkan dalam peperangan yang hebat di daratan. Rekam jejak sejarah juga mencatat bagaimana hebatnya kaum Muslimin dalam melakukan ekspedisi dakwah dan jihad di lautan.
JUM'AT, 27 JANUARI 2017
khairuddin barbarosa
khairuddin barbarosa (Kegemilangan Angkatan Laut Islam)

Sejarah kegemilangan jihad kaum Muslimin tak hanya tertorehkan dalam peperangan yang hebat di daratan. Rekam jejak sejarah juga mencatat bagaimana hebatnya kaum Muslimin dalam melakukan ekspedisi dakwah dan jihad di lautan.

Laut Mediterania atau laut Tengah menjadi saksi kehebatan pasukan laut kaum Muslimin dalam menghadapi kekuatan Kristen di Eropa, hingga samudera itu masuk dalam wilayah kekuasaan bangsa Arab dan Muslimi. Selama beberapa abad, kaum Muslimin sanggup berturut-turut menguasai samudera luas di belahan bumi bagian timur dan barat.

Pertempuran-pertempuran di lautan yang dilakukan oleh armada laut kaum Muslimin dalam rangka ekspansi dakwah atau membebaskan negeri-negeri. Sama dahsyatnya dengan pasukan yang ada di daratan. Mereka berjuang dengan semangat dan motivasi yang tinggi berpeganga pada hadits Rasulullah SAW, “Peperangan di lautan lebih baik dari 10 kali pertempuran di daratan.” (HR. Ath-Thabrani, Al-Baihaqi dan Al-Hakim).

Selama masa gemilang itu, muncul banyak nama admiral kaum Muslim yang mengarungi samudera luas. Mereka sanggup menempuh berbgagai tantangan dan marabahaya. Semua itu mereka lakukan bukan semata karena motif duniawi dan mencari harta. Melainkan, lebih dari itu demi menyebarkan risalah Islam yang luhur ke berbagai belahan bumi.

Buku ini merekam jejak jihad umat Islam di lautan (maritime), juga sumbangan besar mereka terhadap perkembangan dunia kemaritimiman. Cakupannya luas, dari era Khulafaurrasyidin (Khalifah utama yang berjumlah empat orang) hingga awal abad ke-20.

Penulis menyajikan capaian-capain besar pasukan Muslimin di samudera, serta peristiwa heroic yang diperankan oleh Angkatan Laut Islam memiliki peranan nyata dan cantik dalam sejarah pertempuran laut, bahkan pada masa-masa melemahnya kekuatan Negara-negara Islam.

Secara kesluruhan, buku ini dibagi menjadi tiga bab. Bab pertama mengupas tentang sejarah berdiri dan berkembangnya kemaritiman Islam. Termasuk di dalamnya pembahasan tentang keutamaan jihad maritim (bahari, perkembangan Angkatan Laut Islam, dan bantahan atas tduduhan bajak laut.

“Orang-orang orientalis mengembuskan fitnah keji terhadap sejarah dan peradaban Islam, terutama terkait dengan armada lautnya. Kata mereka, armada laut Islam tak lebih dari sebuah gerakan bajak laut yang melakukan perampokan dan pembunuhan kejam.”

Bab kedua memaparkan fase perekembangan Angakatan Laut Islam, sejak era kekuasan Daulah Umawiyah, Daulah Abbasiyah, Daulah Fathimiyah, hingga Daulah Utsmaniyah (Turki Utsmani).

Bab ketiga atau bab penutup menjabarkan 18 pertempuran laut yang terkenal dalam sejarah Islam. Termasuk di dalamnya pertempuran Iskandaria, penaklukan Cyprus, pertempuran Konstantinopel pertama  dan kedua, penaklukan Kepulauan Crete, penaklukan Pulau Sicila, pertempuran Roma pertama dan kedua, penaklukan Pulau Sardinia, dan penaklukan Pulau Rhodes.

 

 


KOMENTAR
ajxload

KIRIM KOMENTAR
FACEBOOK

TWITTER