Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu

Proses, bukan hasil

Kita sering berfokus pada hasil, jadi ketika hasil yang kita harapkan tidak sesuai dengan keinginan kita, kita cenderung kecewa
JUM'AT, 22 NOVEMBER 2013
Kerja Keras
Kerja Keras (Google)

JANGAN pernah menyerah, kalimat ini tidak asing buat kita. Bahkan selalu menjadi motivasi untuk bangkit. Tapi pengejewantahan kalimat ini tidaklah semudah mengucapkannya.

Kita tahu cerita Ziad ibnu Thariq yang dengan sedikit pasukannya mampu mengalahkan pasukan Andalusia / Spanyol yang besar. Kekuatan minim yang secara matematis kalah tidak menyurutkan untuk bertempur.

Hati bertekad bulat untuk berjihad, tidak perduli kalah atau menang. Karena tujuannya adalah keridoan Allah SWT.

Dalam keseharian, kita berusaha mengais rezeki untuk keluarga. Kita sering lupa bahwa proses lah yang paling penting. Kita sering berfokus pada hasil, jadi ketika hasil yang kita harapkan tidak sesuai dengan keinginan kita, kita cenderung kecewa. Untung dan rugi yang selalu menjadi fokus perhatian.

“Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu” (Q.S. 9: 105).

Allah SWT melihat tiap detail kerja yang kita kerjakan. Hasil itu adalah milik Allah SWT. Kita sering lupa seberapa baik proses yang sudah kita lakukan? Proses yang baik merupakan sebuah tujuan meski hasilnya tidak sesuai keinginan kita. Sebab Allah Maha Tahu apa yang baik buat kita.

Tapi yang juga harus kita ingat, setelah proses yang kita jalani, jangan lantas pasrah begitu saja dengan hasil. Jika hasil yang ada sesuai dengan perencanaan kita, kita patut bersyukur. Tapi jika hasil tidak sebanding dengan proses, sebaiknya lah kita instrospeksi dahulu. Setelah itu baru kita serahkan hasilnya kepada Allah. []


KOMENTAR
ajxload

KIRIM KOMENTAR
FACEBOOK

TWITTER