Tafsir Al-Asas

Tafsir Lengkap Ayat-ayat Seputar Islam, Iman dan Ihsan

Tafsir Lengkap dan Menyentuh Ayat-ayat Seputar Islam, Iman dan Ihsan
SELASA, 17 APRIL 2012
buku-tafsir-al-asas
buku-tafsir-al-asas (dok)

Secara etimologi, Al-Asas berarti dasar, sendi, atau fondasi dari sebuah bangunan. Dengan demikian, tujuan penulisan Tafsir Al-Asas ini adalah agar umat Islam memiliki fondasi agama yang tegak dan kokoh, sehingga terbebas dari pemahaman yang menyesatkan.

Buku yang terdiri dari 13 bagian ini mengulas secara mendalam tentang ayat-ayat al-Qur’an berkaitan dengan Islam, Iman, dan Ihsan-termasuk di dalamnya sebab-sebab turunya ayat (asbabun nuzul), kandungan ayat yang dikaitkan dengan berbagai permasalahan umat terkini, dan lengkap dengan kesimpulannya.

Pembahasan dimulai dengan tafsir Surah al-Fatihah secara utuh. Kemudian, penulis hanya membahas beberapa ayat- dari Surah al-Baqarah, al-Maidah, at-Taubah, al-Furqan, al-Fathir, dan al-Ma’un- tentang kewajiban mengikuti syariat Nabi Muhammad SAW, kedudukan sumpah dalam Islam, bahaya riba, etika berpiutang, takwa, wasilah, jihad, qada dan qadar, serta ancaman bagi mereka yang melalaikan shalat.

Membaca tafsir ini, terasa semakin lengkap pemahaman kita tentang kebenaran Islam dan mengukuhkan kembali bahwa syariat Islam adalah solusi yang tepat bagi berbagai masalah dalam kehidupan. Karena, buku ini layak dibaca dan perlu.

Note: Resensi buku ini dimuat di Majalah Gontor edisi April 2012
Link: http://www.kautsar.co.id/read/book/16/03/2012/134/tafsir-al-asas-tafsir-lengkap-dan-menyentuh-ayat-ayat-seputar-islam-iman-dan-ihsan/


KOMENTAR
ajxload

KIRIM KOMENTAR
FACEBOOK

TWITTER