Cara Menadaburi Al quran

Cara Menadaburi Al Quran

Al Quran adalah firman Allah SWT yang diturunkan dengan tujuan untuk diamalkan oleh manusia sebagai pedoman kehidupan mereka. Tidak diragukan lagi, bahwa membaca Al Quran adalah suatu cara mendekatkan diri kepada Allah dan juga sebagai bentuk ketaatan kepada-Nya.
JUM'AT, 7 SEPTEMBER 2018
Cara Menadaburi Al Quran
Cara Menadaburi Al Quran (Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran )

Cara Menadaburi Al  Quran

Al Quran adalah firman Allah SWT yang diturunkan dengan tujuan untuk diamalkan oleh manusia sebagai pedoman kehidupan mereka. Tidak diragukan lagi,  bahwa membaca Al Quran adalah suatu cara mendekatkan diri kepada Allah dan juga sebagai bentuk ketaatan kepada-Nya.

Namun, harus disadari dengan baik, membaca Al Quran tanpa memahami dan menadaburinya adalah sebuah kesalahan yang sangat besar dan hal ini bertentangan dengan  tujuan utama dari kegiatan memebacanya, yaitu menadaburi makna-maknanya dengan akal pikiran  seraya mengambil hikmah-hikmah dan rahasia-rahasia yang terkandung di dalamnya.

Buku yang ditulis oleh Syekh Adil Muhammad Khalil ini menjelaskan , maksud –mkasud dari surah-surah dalam  Al Quran dari pertama ( Al Fatihah) sampai Surah ke – 114 (An- Naas), keutamaan – keutamaannya, sebab-sebab penamaan suratnya, dan hal-hal penting yang dikandung di dalamnya. Juga, sebagain dari kandungan- kandungan yang menakjubkan dari surat-surat di dalam Al Quran tersebut, dan sebab-sebab turunnya sebagian surat. Semua hal ini dapat memudah pembacanya dalam memaknai  makna surat, maksud dari surat, bagaimana menghubungkan satu ayat dengan ayat lain, dan menghafal ayat-ayatnya.

Mengutip Al Quran surah al Qamar ayat 17, yang artinya ; “Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran “, penulis menegaskan, siapa pun yang bersungguh-sungguh menadaburi Al Quran, Allah memebrikan kepadanya emapat kemudahan. Yakni, kemudahan dalam membaca, kemudahan dalam menghafal, kemudahan dalam memahami, dan kemudahan dalam mengamalkan.

Contohnya, saat mengupas tadabur Surah Al Fatihah, penulis menyebutkan , faedah Surah Al Fatihah, antara lain amalan hati yang sangat penting, yaitu ikhlas; pentingnya umat; dan kebutuhan manusia yang terus-menerus  akan hidayah (hidayah petunjuk, hidayah taufik, dan hidayah kekokohan ) (hlm 12-13)

Saat mengupas tadabur Surah At Takatsur penulis menyebutkan, salah satu faedahnya tidak ada yang paling ampuh dalam menasihati melebihi kematian (421).

Saat membahas tadabur Surat Al- Kautsar, penulis menyebutkan, salah satu faedah Surah Al Kautsaradalah pengertian Al Abtar (ujung ayat ketiga), yakni orang yang terputus dari kebaikan, kemenangkan, kenikmatin, dan rahmat.

 


KOMENTAR
ajxload

KIRIM KOMENTAR
FACEBOOK

TWITTER